Tips Mengkonsumsi Susu Segar

Assalamualaikum wr. wb
Selamat pagi
Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan beberapa tips untuk mengkonsumsi susu segar. Tips ini khusus saya ciptakan untuk membantu seorang Nadif Wicaksono, selaku teman semasa SMA saya, namun bagi kalian yang ingin mengetahui bagai mana cara mengkonsumsi susu segar,boleh kok untuk membaca tips ini, tapi ingat, tolong modifikasi tips yang saya berikan, karena belum tentu tips yang saya tulis di sini cocok untuk kalian. Tips ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan finansial kita terhadap susu segar. Ide ini berasal dari permasalahan dan pengalaman pribadi terkait manajemen susu segar yang susah susah gampang. Teori dasar pada tips ini didukung oleh beberapa literatur terpercaya. Langsung aja yuk kita simak tips nya 

1. Mengatur takaran saji konsumsi susu segar per harinya
Tujuan dari mengatur takaran saji adalah untuk mengetahui kemampuan kita dalam mengkonsumsi susu segar sehingga kita bisa mengestimasi berapa banyak volume susu segar yang harus dibeli. Saya kasih contoh, diketahui kemampuan saya dalam mengkonsumsi susu segar adalah 0,5 liter tiap hari. Peternakan sapi "Maju Bersama Farm" melakukan pemerahan pada pukul 05:00 WIB dan pukul 15:30 WIB. Mereka hanya melayani pembelian susu segar minimal 1,5 liter per pembeli. Saya membeli susu segar sebanyak 3 liter dengan harapan selama 6 hari kedepan, saya bakal bisa terus minum susu segar tanpa harus repot bolak-balik pergi ke peternak dikarenakan jam pemerahan yang tidak nyaman bagi saya. Manajemen yang dapat dilakukan agar keinginan saya untuk mengkonsumsi susu segar selama 6 hari tanpa harus bolak-balik ke peternak adalah sebagai berikut:
  • Dilakukan pemanasan pada 3 liter susu segar yang telah saya beli hingga mendidih
  • Didinginkan susu segar tersebut pada suhu ruang
  • Disimpan susu segar tersebut pada wadah yang tertutup rapat dengan kapasitas volume minimal 0,5 L (tergantung dari takaran saji anda masing-masing). Pada kasus ini, saya memiliki 6 wadah bervolume 0,7 L 
  • Dipastikan bahwa wadah telah tertutup rapat untuk meminimalisir terjadinya kontaminasi, kerusakan dan perubahan rasa pada susu segar
  • Disimpan wadah tersebut pada freezer. Hal ini bertujuan untuk membekukan susu segar agar bisa bertahan sampai hari ke 6
  • Diambil 1 wadah berisikan 0,5 L susu segar beku dan di hangatkan sebelum dikonsumsi, sehingga tidak semua susu segar beku mengalami pemanasan berulang-ulang (hanya susu segar beku sesuai takaran saji saja yang mengalami pemanasan)


2. Kepo pada warna, bau, rasa dan konsistensi susu segar yang telah kita beli
Susu segar yang baik memiliki warna putih bersih agak kekuningan dan tidak tembus cahaya. Apabila kedapatan susu segar berwarna kuning, maka susu segar tersebut mengandung banyak lemak, TAPI jika susu segar yang kita beli berwarna kemerahan tidak normal, kemungkinan susu segar tersebut berasal dari ternak yang sakit. Susu segar mempunyai rasa yang gurih. Berdasarkan pengalaman, susu segar tidak memiliki rasa pahit, terlalu manis dan rasa asing lainnya. Susu segar yang baik memiliki bau khas ternak, bukan berbau masam, pahit ataupun bau obat-obatan lainnya. Soeparno, Rihastuti, Indratiningsih dan Suharjono (2011) menjelaskan bahwa bau dan rasa susu segar mudah sekali dipengaruhi dari luar sehingga defects susu segar pada bau dan rasa dapat dipengaruhi oleh: kondisi ternak, pakan, bau sekeliling, material asing dan perubahan reaksi kimia. Berdasarkan pengalaman, konsistensi susu yang baik adalah tidak encer, tidak pekat dan tidak ada pemisahan dalam bentuk apapun dengan begitu, susu segar yang berlendir dan bergumpal-gumpal menunjukkan bahwa susu segar tersebut telah rusak. Hal yang dapat kita lakukan adalah melakukan penilaian dan membuat keputusan apakah susu segar tersebut layak kita beli atau tidak.

3. Tahu daya simpan susu segar pada umumnya
Tanggal kadaluarsa ataupun baik digunakan sebelum tanggal sekian tidak akan kita jumpai pada produk susu segar. Oleh karena itu, penting kiranya menambah wawasan terkait kapan susu segar akan expired. Pada umumnya, susu segar harus segera habis dikonsumsi ketika pertama kali beli. Menurut Darmanto Setyawan dalam situs replubika.co.id, menyarankan bahwa jika sudah membeli susu maka harus segera dihabiskan. Waktu yang umum diketahui untuk menghabiskan susu segar adalah 5 jam. maksudnya adalah, daya simpan susu segar adalah 5 jam, terhitung dari waktu awal pemerahan susu segar hingga sebelum memasuki tahap pengolahan. Jika ingin menambah daya simpannya menjadi 24 jam, maka langkah yang bisa kita mabil adalah dengan melakukan pasterurisasi pada susu segar tersebut kemudian kita simpan pada lemari pendingin bersuhu 4 sampai 10 derajat celsius. Jika ingin lebih lama lagi, kita bisa terapkan tips nomer 1 pada susu segar yang kita beli sesuai kebutuhan.



4. Jangan ragu untuk bereksperimen
Banyak sekali informasi terkati susu segar di dunia maya. Maksud dari eksperimen di sini adalah perbanyaklah membaca. Banyak sumber yang menjelaskan terkait susu segar, bisa berasal dari blog, jurnal mapun buku. Nah, untuk buku sendiri, literatur yang saya gunakan dalam penyampaian blog ini adalah buku Dasar Teknologi Hasil Ternak karya Soeparno dkk (2011) yang telah diterbitkan oleh Gadjah University Press. Buku Dasar Teknologi Hasil Ternak ini dimaksudkan sebagai pedoman bagi pelajar dan peminat hal terkait ilmu dasar teknologi hasil ternak.  



Sekian tips mengkonsumsi susu segar bedasarkan pengalaman saya pribadi yang didukung oleh berbagai teori bersumber dari berbagai literatur terpercaya. Pembaruan artikel insyaallah akan saya lakukan setiap satu minggu sekali. Apabila ada hal yang perlu untuk kita diskusikan, saya persilahkan untuk memberikan komentar pada kolom komentar. Besar harapan saya akan ada tukar informasi antara saya dengan anda. Terima kasih atas kunjungannya.
Saya akhiri, 
Wassalamuallaikum wr. wb

Komentar

  1. Terimakasih banyak bro arif (bli) buat penjelasan yang telah membuat rasa penasaran saya selama ini. Btw, sebenernya masih ada hal yg masih sedikit membuat saya agak bingung, yaitu setiap dilakukan pemanasan dan siap untuk di konsumsi, di dalam susu segar tersebut terdapat langit2 seperti gumpalan lemak yang menyelimuti susu tersebut, apakah hal itu wajar terjadi pada susu segar. terimakasih banyak bro arif.mohon petunjuk nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama bro nadhif
      .
      Gumpalan lemak yang menyelimuti susu segar ketika dipanaskan adalah peristiwa yang umum terjadi. Peristiwa ini menunjukkan konsistensi susu segar dan selama permukaan susu segar tidak pecah, susu segar tersebut masih aman kok untuk kamu konsumsi.
      Menurut Soeparno dkk (2011) dalam buku beliau yang berjudul "Dasar Teknologi Hasil Ternak", menjelaskan bahwa apa yang telah Nadhif lakukan merupakan upaya untuk menentukan kondisi susu segar dalam keadaan baik atau tidak. Tes ini dinamakan uji didih. Hasil uji didih menyimpulkan bahwa susu segar yang baik dalam uji didih tidak terjadi penggumpalan. Penggumpalan dapat diamati secara jelas pada dinding tempat kamu mendidihkan susu segarnya, yaitu terdapat partike-partikel kasar yang melekat pada dinding.
      .
      Kalau masih ada pertanyaan lagi, silahkan disampaikan bro Nadhif
      Terima kasih

      Hapus

Posting Komentar